Benarkah di Lingkungan Serba Hijau Bikin Hidup Lebih Sehat?

Seperti dijelaskan dalam Colour-Affects.co.uk, ada 4 warna utama yang mempengaruhi psikologi kita sehari-hari, yaitu merah, biru, kuning, dan hijau. Mereka memiliki keterkaitan dengan tubuh, pikiran, emosi & keseimbangan penting di antara ketiganya.

Warna hijau memiliki arti keseimbangan. Ia memiliki manfaat positif bagi kita, misalnya membawa harmoni dalam kehidupan sehari-hari, keseimbangan emosi, penyegaran mata dan pikiran, menenangkan, membuat kita peduli akan lingkungan, keseimbangan pikiran, dan membawa kedamaian.

Saat mata melihat sesuatu yang hijau atau berwarna hijau, mata kita tidak perlu penyesuaian apapun, makanya kita terasa nyaman dan tenang ketika melihatnya. Ketika kita melihat warna hijau, kita akan merasakan kehadiran alam, seperti kehadiran adanya air, dan merasa aman karena rasa ancaman bahaya lebih sedikit.

Character Building Operator

Hijau dianggap warna yang menenangkan dan santai, cocok sekali untuk dilihat bagi orang yang sedang tegang atau butuh menyeimbangkan emosi dan menciptakan keterbukaan antara Anda dan orang lain. Hijau dikaitkan pula dengan cakra jantung, makanya warna ini dipercaya membantu masalah emosional, seperti cinta, kepercayaan, dan kasih sayang.

Para peneliti menemukan pula bahwa warna hijau dapat meningkatkan kemampuan membaca untuk para pelajar. Mereka yang biasa membaca materi tulisan di atas lembaran berwarna hijau transparan akan meningkatkan meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman. Mungkin karena efek warna hijau ini adalah merilekskan dan menenangkan pikiran kita.


Jadi, setidaknya kita tahu kalau efek atau manfaat melihat warna hijau ternyata lebih dari sekadar ‘menyegarkan’ mata. Meski mungkin mata tidak akan jadi lebih sehat setelah melihat warna hijau, setidaknya pikiran jadi lebih tenang.

Lentera Camp Trawas “Perkemahan Pendidikan yang Istimewa” NYAMAN • BERSIH • HIJAU • PELAYANAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *